Meta Transformational Leadership

Senin, 13 Juni 2016

Takdir dan Nasib. Dua hal ini merupakan objek yang paling sering dijadikan kambing hitam ketika seseorang mengalami kegagalan. “Nasib-nasib, ini memang takdir saya.” Kalimat ini rasanya sudah tidak asing di telinga bukan? Sebenarnya apa arti takdir dan nasib?

Takdir adalah sesuatu yang tidak dapat diubah. Sedangkan nasib adalah pilihan manusia sendiri. “Jika manusia dilahirkan miskin, itu bukan kesalahannya, tetapi jika manusia meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahannya.” Ini adalah kutipan dari Bill Gates yang dapat mempermudah pemahaman perbedaan takdir dan nasib. Dilahirkan kaya atau miskin, tidak dapat manusia pilih, itulah takdir. Namun, meninggal dalam keadaan miskin atau kaya, itu adalah pilihan manusia itu sendiri. Itulah nasib.

Inilah salah satu isi dari materi Workshop berjudul Meta Transformational Leadership yang dibawakan oleh Bpk. Kurniady Halim. Workshop yang menerapkan ilmu NLP (Neuro-linguistic programming) di dalamnya ini, dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2016 di Kantor Pusat dengan total peserta 17 orang.

Dalam workshop ini ada 5 pertanyaan yang dibahas, yaitu:
1.    Apa yang MELANDASI Anda hadir pada ACARA ini?
2.    Apa TUJUAN Anda hadir pada ACARA ini?
3.    Apa HARAPAN Anda hadir pada ACARA ini?
4.    Apa yang Anda MAU TERJADI pada hidup Anda dalam 1 s/d 5 tahun ke depan?
5.    Apa hal buruk yang akan terjadi jika HAL tersebut tercapai?

Kemudian di akhir sesi, fasilitator mengajak seluruh peserta untuk melakukan refleksi terhadap hal yang dipelajari selama workshop, apa manfaatnya dalam hidup dan pekerjaan, sampai refleksi bagaimana cara memanfaatkan materi yang telah dipelajari.

Selama berjalannya kegiatan workshop, observer memilih 3 peserta teraktif yang diumumkan oleh panitia sebelum post test dilakukan. Pesertanya sebagai berikut:
1.    Hendrik Salim dari Marketing Strategy and Development Division
2.    Yusuf Selnan dari Aceh Regional Office
3.    Herman dari Adm. and Finance Division

Selanjutnya pelatihan ini ditutup dengan melakukan sesi foto bersama seluruh peserta. (YCH/HRD)

(ctb)