Emotional Quality Management

Jumat, 26 Agustus 2016

Jika berbicara tentang emosi maka setiap orang akan mengatakan bahwa ia pernah merasakannya, setiap orang bereaksi terhadap keberadaannya. Hidup manusia kaya akan pengalaman emosional, hanya saja ada yang sangat kuat dorongannya, ada pula yang samar sehingga ekspresinya tidak tampak. Di satu sisi banyak orang menganggap Kecerdasan emosional itu hal yang tidak begitu penting dibanding Kecerdasan intelektual.

Sharing Knowledge Inspiration (SHARKi) yang membahas tentang kecerdasan Emosional dengan judul Emotional Quality Management kembali dibawakan oleh Sdri. Noni Novika Sari, namun kali ini di wilayah yang berbeda yaitu di Riau Regional Office pada tanggal 28 Juli 2016.

Outline Materi SHARKi ini sebagai berikut :
1. What is Emotional Quotient (EQ)?
2. Why Emotional Quotient (EQ)?
3. How about your Emotional Quotient (EQ)?
4. How to improve Emotional Quotient (EQ)?

Kesimpulannya, Kecerdasan Emosional (EQ) membantu kita berhubungan dengan orang lain, bertingkah laku dengan cara yang dapat diterima oleh masyarakat, belajar memainkan peran sosial dalam masyarakat serta mengembangkan sikap/tingkah laku sosial terhadap individu lain dan aktivitas sosial yang ada di masyarakat. Dalam menentukan kesuksesan karir pun EQ memainkan peranan penting. Mampu bekerjasama dalam tim adalah contoh dari perilaku emosional yang cerdas, sehingga menyelesaikan sebuah tugas secara bersama dan meraih sukses.

Di akhir acara, dibentuk lingkaran kelompok untuk melakukan discussion after sharing yang berlangsung dengan seru sehingga peserta lupa akan waktu.

Demikian artikel ini disampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di kelas berikutnya. Salam SATU HATI. (YCH/HRD)

(ctb)