“ SMA N 4 Banda Aceh jadi Sekolah Binaan Safety Riding Honda ”

Selasa, 29 Nopember 2016

Gerakan peduli akan keselamatan berlalu lintas merupakan suatu tindakan bertanggung jawab yang harapannya bisa terbentuk di lingkungan masyarakat indonesia, Akan tetapi hal tersebut perlu proses yang berkesinambungan serta menyeluruh agar dapat menjadi suatu bentuk gaya hidup sehari hari di lingkungan masyarakat.

Lingkungan sekolah merupakan tempat awal dimana karakter manusia dibentuk, mulai dari tingkatan TK hingga SLTA adalah waktu yang tepat diberikannya pemahaman akan pentingnya menjaga keselamatan berlalu lintas di jalan raya, sehingga bekal tersebut menjadi modal kelak bagi mereka saat melakukan aktifitas dijalan nantinya.

Honda sebagai produsen sepeda motor terbesar di indonesia melalui program Safety Ridingnya selalu konsisten memberikan edukasi (penyuluhan) baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, dengan menggandeng berbagai elemen terkait termasuk kepolisian setempat di saat aktifitas program edukasi Safety Riding tersebut dilakukan, hal ini membuat Honda dikenal sebagai Pelopor aktivitas Safety Riding di Indonesia.

Salah satu program cerdas yang dilakukan dari Honda melalui perwakilannya di setiap provinsi yaitu “SEKOLAH BINAAN SAFETY RIDING” dimana hampir seluruh provinsi di Indonesia telah  menggandeng beberapa sekolah tingkat SLTA untuk dijadikan program percontohan tersebut, banyaknya siswa/i yang menggunakan moda transportasi khususnya sepeda motor saat ke sekolah merupakan latar belakang dari terbentuknya program tersebut.

SMA Negeri 4 -  kota Banda Aceh merupakan salah satu sekolah yang menjalankan program tersebut melalui pembinaan dari perwakilan main dealer Honda wilayah Aceh yaitu : PT. Capella Dinamik Nusantara bekerjasama dengan Polresta Banda Aceh serta didukung oleh Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Banda Aceh.  

Adapun langkah awal bentuk program tersebut berupa membuat sarana dalam hal kebutuhan edukasi & fasilitas pendukung guna penerapan Program Safety Riding di lingkungan sekolah, baik pemasangan rambu dan marka di area sekitar lingkungan sekolah.

Untuk sarana edukasi berupa pusat informasi terbaru “ Program keselamatan berlalu lintas “ di sekolah telah tersedia papan informasi (Mading) yang terpasang pada area pintu utama sekolah , sehingga seluruh siswa/i dapat membaca serta melihat pesan informasi penting seputar aktifitas keselamatan berlalu lintas di jalan raya, selain itu terdapat juga beberapa poster besar di dinding area parkir sekolah berisikan pesan himbauan lengkap dengan gambar ilustrasi tentang pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya.

Setelah membuat fasilitas & sarana pendukung program tersebut diatas, tim Instruktur Safety Riding PT. Capella Dinamik Nusantara beserta Polresta Banda Aceh memberikan bekal wawasan maupun keterampilan dalam bentuk aktifitas penyuluhan & pelatihan keterampilan berkendara secara priodik kepada seluruh pelajar.

Untuk program selanjutnya Capella Honda akan bekerjasama dengan Kepolisian dalam program pengurusan SIM kolektif sebagai hadiah kepada siswa/i terpilih saat pelaksanaan penyuluhan berlangsung, sekaligus  mengaktifkan kembali aktifitas PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SMA Negeri 4 Banda Aceh yang bertugas menjaga serta mengawasi jalannya implementasi program Safety Riding secara konsisten di lingkungan sekolah, apabila sudah berjalan dengan baik selanjutnya kita akan undang beberapa sekolah SLTA lain untuk studi banding sekaligus melibatkan mereka di kompetisi program keselamatan berlalu lintas antar sekolah, ucap Reza . N selaku penanggung jawab program dari PT. Capella Dinamik Nusantara Head Office.

(hc3)