Komunitas Honda CBR Rasakan Perfoma Total Control di Lintasan Balap

Senin, 5 Maret 2018

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar event edukasi balap untuk pecinta Honda CBR dengan menggelar Track Day Honda CBR Community. Kegiatan ini merupakan upaya AHM dengan jaringan main dealer dalam memberikan wawasan kepada bikers terkait dunia balap dengan konsep yang menyenangkan dan tetap memperhatikan unsur keselamatan berkendara pada track yang disediakan.

Track Day Honda CBR Community mengajak para pecinta Honda CBR untuk merasakan langsung performa tinggi motor berkonsep Total Control di lintasan sirkuit balap. Para bikers dapat memacu serta berakselerasi di sirkuit dengan panduan para pebalap berpengalaman.

Kegiatan yang berlangsung pada periode Maret hingga Juli 2018 ini mengusung tema “Let’s Joy The Total Control”. Kegiatan ini digelar AHM bersama dengan jaringan main dealernya di 8 kota besar di Indonesia. Acara ini akan dimulai pertama kali di Sirkuit Bung Tomo, Surabaya dan Sirkuit Pancing, Medan (4/3). Selanjutnya, aktivitas ini dilakukan di kota Samarinda dan bertempat di sirkuit Kalan (18/3). Di bulan April, Track Day akan dilakukan di Sirkuit Balipat, Banjarmasin dan Sirkuit Pangkep, Makassar (28/4). Di bulan Mei, acara ini juga akan digelar di dua tempat yaitu Stadion Maulana Yusuf, Banten dan Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Ditutup pada bulan Juli, CBR Track Day dilaksanakan di Semarang yang bertempat di Apron Bandara Ahmad Yani.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra mengatakan Track Day Honda CBR Community merupakan ajang berbagi pengalaman sensasi balap kepada pecinta motor sport Honda CBR series. Pada kegiatan ini AHM membekali para bikers dengan kemampuan teknis dalam memacu motornya di sirkuit dan tetap memperhatikan keselamatan berkendara.

“Semakin banyaknya pecinta motor sport Honda CBR series menginspirasi AHM untuk kembali mengajak komunitas All New Honda CBR250RR dan New Honda CBR150R yang mengusung konsep ‘Total Control’ untuk merasakan kesenangan berkendara di track sirkuit yang telah ditentukan,” ujar Indraputra.

Pada kegiatan Track Day Honda CBR Community, para bikers mendapatkan teori balap yang akan disampaikan langsung oleh pebalap binaan AHM dan Main dealer yang telah memiliki prestasi di tingkat regional maupun nasional. Pada kesempatan ini pebalap akan memberikan teori teknik-teknik balap seperti speeding, cornering, dan braking. Setelah mendapatkan pembekalan dari pebalap maka para bikers dapat mempraktekan teori yang sudah didapatkan dengan mengikuti fun ride di sirkuit yang telah ditentukan. Saat melakukan fun ride, pebalap akan melakukan evaluasi terhadap aksi para bikers di lintasan balap. Berdasarkan evaluasi ini, para bikers bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Indonesia CBR Raceday 2018 yang rencananya tahun ini akan digelar sebanyak tiga kali di Sentul International Circuit, Jawa Barat.          

RC213V-S

Pada event Track Day Honda CBR Community kali ini hadir pula sepeda motor versi jalanan dari Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yaitu Honda RC213V-S. Honda RC213V-S dikembangkan dengan konsep “Total Control” dan juga menjadi dasar pengembangan Honda CBR250RR.

Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari RC213V yang menjadi tunggangan pebalap Repsol Honda pada ajang MotoGP. Sebagai motor prototipe dari RC213V, RC213V-S memiliki konfigurasi mesin serupa, yaitu mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999cc.

(hc3)