Tips Perawatan Busi Biar Tahan Lama

Jumat, 2 Agustus 2013

Busi adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk memberikan percikan/bunga api pada pembakaran di kendaraan Anda. Khususnya sepeda motor. Namun apabila secara tak terdugat ungganggan Anda macet ketika akan dihidupkan, bisa jadi busi motor Andakotor.

Bila keadaan seperti ini terjadi, hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan businya agar pengapian kembali normal.Yup, biasanya karena pada kelapa busi tersebut banyak kotoran yang menempel dari sisa-sisa pembakaran.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam membersihkan busi adalah:
1.Sediakan kunci busi, kemudian bukalah busi Anda. Sediakan pula sikat kawat dan bensin.Jangn membersihkan dengan menggunakan ameplas pada bagian elektroda busi, karena akan memperpendek umur busi.

2.Bersihkan kotoran yang menimbun pada kepala busi. Jangan merendamkan busi kedalam bensin, karena akan berakibat busi cepat aus dan kotoran cepat kembali menumpuk.

3.Setel jarak celah busi, tapi itu tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan.
Contoh : Tiger ( GL200) Klep In - Ex : 0,10 0,02, Absolute revo : In Ex : 0.10 0.02 &
Vario110 :Klep In : 0.16 0.02 Ex : 0.25 0.02 mm.

4.Tes pengapiannya.
Caranya dengan meletakan ujung kepala busi kemudian start.Apabila bunga apinya sudah normal berarti sudah cukup baik saat dibersihkan

5.Periksa juga kabel busi. Kabel busi juga perlu dilakukan pemeriksaan, apabila sudah berumur akan mengakibatkan hantaran listrik jadi berkurang.

Cara-cara diatas sebaiknya dilakukan secara berkala dan jangan menunggu motor mogo kata urewel. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobatinyakan?

(sys)