Jangan Sampai Telat Ganti Oli Mesin, Berikut Penjelasannya!

Selasa, 25 Januari 2022

Jangan Sampai Telat Ganti Oli Mesin, Berikut Penjelasannya!

Bagi Anda yang kerap berpergian menggunakan kenderaan bermotor sehari-hari, tentunya diharuskan senantiasa untuk selalu memperhatikan dan merawat kondisi kenderaan yang digunakan supaya tetap prima.

Salah satu komponen yang paling penting untuk diperhatikan adalah oli mesin. Oli mesin ini sangat vital perannya karena berfungsi untuk melumasi semua komponen - komponen yang bergerak didalam mesin sehingga akan mereduksi gesekan dan panas yang terjadi.

Khusus bagi pemilik maupun pemakai sepeda motor Honda, kami sarankan untuk tidak telat mengganti oli mesin.

Selain untuk melumasi, ada beberapa hal lainnya yang perlu diketahui mengenai fungsi oli mesin.

1. Sealing (Perapat)

Tenaga yang dihasilkan didalam mesin sepeda motor bersumber dari adanya pembakaran bahan bakar di ruang bakar yang dikompresikan. Disinilah peran oli yang akan menjaga supaya ruang bakar selalu rapat/ tidak bocor.

2. Mendinginkan

Panas yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor bersumber dari panas pembakaran yang merupakan proses kerja alami didalam sistem kerja mesin dan panas akibat komponen yang berputar dan bergesekan. Dalam hal ini, oli yang bersirkulasi akan menyerap panas untuk membantu menjaga suhu mesin motor tetap optimal.

3. Mencegah Karat

Cairan oli yang melapisi komponen didalam mesin akan mencegah timbulnya korosi (karat) pada permukaan komponen mesin yang terbuat dari logam.

​​​​​​​4. Peredam

Beberapa komponen didalam mesin bekerja terus-menerus dengan beban yang berat dan putaran yang bervariasi. Contohnya piston , bearing dan roda gigi. Tekanan yang diterima komponen tersebut bisa menyebabkan keausan dan kerusakan. Oli yang mengalir akan menyerap tekanan serta menyebarkannya ke seluruh area mesin.

5. Pembersih

Oli yang bersirkulasi juga akan membersihkan saluran - saluran didalam mesin agar tidak tersumbat oleh beram logam atau kotoran halus lainnya yang tidak tersaring oleh saringan oli. Hal ini akan mencegah kotoran mengendap di dalam ruang mesin.

Jadwal penggantian oli motor

Penggantian oli mesin biasanya ditentukan berdasarkan jarak tempuh (kilometer). Namun masa pemakaian (bulan) juga harus dipertimbangkan, karena ketika sepeda motor digunakan di daerah perkotaan yang sering terjebak macet, kilometer motor tidak akan bertambah, padahal mesin motor tetap bekerja dan oli tetap bersirkulasi. Tambah lagi jika mempertimbangkan kondisi jalan yang berat serta jarak tempuh yang jauh dan lama seharian penuh maka turut menjadi pertimbangan.

Oli yang terlalu lama diganti akan menurun kualitasnya dan berkurang jumlahnya. Hal ini bakalan membuat mesin bermasalah nantinya dan bisa mengurangi usia mesin sepeda motor.

Sebaiknya pengecekan oli mesin dilakukan pada setiap pemakaian kelipatan 2000 kilometer atau 2 bulan (mana yang lebih dahulu tercapai) dengan mendatangi bengkel resmi Honda (AHASS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kami juga menyarankan supaya pengguna sepeda motor Honda senantiasa menggunakan oli mesin yang dianjurkan oleh pabrikan (AHM) sesuai buku pedoman pemilik.

Demikian informasi tentang fungsi oli dan tips untuk mengetahui kapan sebaiknya mengganti oli sepeda motor.

Silakan datang ke bengkel resmi motor Honda (AHASS) untuk mendapatkan pelayanan tentang perawatan dan penggantian oli mesin yang optimal.

(tdd)