Tips Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet

Kamis, 24 Februari 2022

Baterai atau Aki adalah komponen yang mengalirkan tenaga listrik untuk menggerakkan dinamo starter pada saat mesin sepeda motor akan dihidupkan. Saat mesin hidup maka dinamo cas yang akan mensuplai tenaga listrik ke seluruh sistem kelistrikan pada sepeda motor, contohnya untuk kontrol bahan bakar dan pengapian, panel kelistrikan, pencahayaan, serta komponen listrik lainnya.

Sepeda motor yang diproduksi saat ini umumnya sudah menggunakan aki yang bebas perawatan (maintenance free battery) atau yang dikenal dengan aki kering. Namun hal ini bukan berarti dibiarkan begitu saja, karena aki jenis ini juga mesti dirawat dengan baik sehingga usia pakainya bisa tahan lama.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan agar aki awet sehingga anda tidak merasa kuatir karena aki yang tiba-tiba bermasalah (soak) sewaktu-waktu.

Pemeriksaan Rutin Aki

Seperti komponen sepeda motor lainnya, berikut ini beberapa poin cek yang bisa dengan mudah dilakukan :

  • Hal yang paling penting untuk mempertahankan kondisi aki selalu prima adalah dengan menjaga tegangan aki selalu optimal. Perlu diketahui bahwa aki yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berkurangnya tenaga listrik yang tersimpan, sehingga perlu dicek tegangannya dan dilakukan pengecasan jika diperlukan.
  • Usahakan agar motor dihidupkan minimal selama 10-15 menit setiap harinya dengan cara diengkol (kick starter) supaya tenaga aki tetap optimal meskipun sepeda motor tidak dijalankan.
  • Periksa dan bersihkan dengan amplas ataupun sikat kawat apabila terdapat korosi (kotoran) pada terminal aki.
  • Pastikan dan kencangkan kedua kabel yang terhubung ke aki jika dirasa kendur.
  • Hindari pemakaian aksesoris kelistrikan yang berlebihan.

Gunakan Aki yang Sesuai

Sepeda motor Honda menggunakan baterai atau aki yang berbeda setiap tipenya. Pastikan bahwa aki yang digunakan sesuai dengan anjuran pabrikan. Jika memang aki sepeda motor sudah soak dan harus diganti, maka gunakanlah aki yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan pabrikan.

Penggunaan aki yang tidak tepat beresiko menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan sepeda motor dan memperpendek usia pakai aki itu sendiri. Sebelum diganti, pemeriksaan pada sistem kelistrikan sepeda motor juga diperlukan untuk memastikan aki baru bekerja dengan baik nantinya.

Bengkel resmi Honda (AHASS) sudah dibekali dengan peralatan yang lengkap dan teknisi yang terlatih untuk memeriksa kondisi aki dan sistem kelistrikan sepeda motor. Suku cadang yang dijualpun dipastikan yang asli (Honda Genuine Parts) sehingga konsumen dalam hal ini tidak akan dirugikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan anda senantiasa selalu menikmati perjalanan dengan menggunakan sepeda motor Honda kesayangan anda.

(tdd)